Suara serak adalah perubahan suara yang menandakan adanya masalah pada pita suara. Perubahan suara dapat berupa suara yang menjadi parau, lemah, atau berat karena tekanan. Suara adalah hasil getaran pita suara yang terdiri dari dua jaringan otot berbentuk huruf V. Pita suara tempatnya pada laring, yaitu saluran udara yang letaknya pada dasar lidah dan trakea. Seketika berbicara pita suara menyatu dan aliran udara  pada paru-paru membuat pita suara menjadi bergetar. Getaran yang ada gelombang suara yang melalui tenggorokan, mulut, dan hidung, sebagai rongga resonansi yang merubah gelombang suara menjadi bunyi. Adanya kualitas bunyi ditentukan pada ukuran dan bentuk pita suara. Adapula perbedaan suara yang memiliki besar tekanan pada pita suara. Jika pita menegang, maka suara akan lebih tinggi dan juga sebaliknya.

Penyebab Suara serak dengan adanya iritasi atau cedera pada pita suara. Suara serak dapat disebabkan dengan berbagai kondisi kemungkinan adanya radang tenggorokan ketika adanya infeksi saluran pernapasan bagian atas biasanya ada virus, atau karena sering menggunakan suara dengan berteriak atau bernyanyi dengan suara lantang.

Pengobatan Suara serak bisa terjadi tergantung pada penyebabnya asalnya. Umumnya apabila keadaan bisa   ditangani lebih cepat dan penanganan otomatis sembuh. Apabila suara tersebut mempunyai gejala ringan maka beberapa penanganan dilakukan sendiri di rumah dengan cara pengobatan, antara lain:

1. Minum air putih, diusahakan dua liter sehari untuk bisa menetralisir terjadinya dehidrasi dan pengurangan cairan dalam tubuh akan memberikan keadaan menjadi melemah.

2. Istirahatkan untuk pita suara selama beberapa hari juga mengurangi bicara serta mengurangi tekanan pada pita suara seperti berteriak.

3. Hindari minuman berkafein serta beralkohol, pentingnya menjaga kondisi tubuh dan menjaga kualitas minuman.

4. Tidak merokok, adanya rokok dapat membuat tekanan pada paru-paru melalui saluran pernapasan membuat area bibir menjadi menghitam.

5. Menjauhi faktor-faktor pemicu alergi, kemungkinan besar pada alergi bisa berupa alergi debu 

6. Menggunakan alat pelembap udara untuk menjaga jalan napas tetap terbuka, sehingga mempermudah pernapasan.

7. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan.

8. Mandi air hangat, usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh terjaga kemungkinan jika dilakukan ketika suara serak akan meningkatkan pulihnya suara.

9. Jika upaya penanganan mandiri belum bisa mengatasi suara serak, maka dokter dapat memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab suara serak. Saat suara serak disebabkan oleh laringitis, obat akan disesuaikan.

Terkadang, Suara serak dapat terdengar lebih menarik. Tetapi, suara yang serak yang secara terus menerus bisa membuat tenggorokan  melemah dan keadaannya lelah karena adanya tenaga banyak untuk mengeluarkan suara. Ini mungkin bisa terjadi di tenggorokan bisa menjadikannya serak atau suara parau seperti orang menangis. Biasanya untuk bisa memprediksi penyakit doker akan melakukan penanganan bisa dengan tes atau wawancara dengan cara dokter akan mengajukan beberaoa pertanyaan pada hal yang mungkin penderita lakukan dan minuman apa yang sering di minum. Umumnya pemeriksaan ini akan terfokus pada kepala, bagian leher dan bagian kepala untuk memastikan dugaan sementara. Adapula beberapa kondisi untuk mendeteksi kelainan serta masalah yang timbul pada kerongkongan penderita lalu dokter memeriksa bagian telinga, hidung, tenggorokan, kepala, dan leher. Untuk memperoleh data pada pemeriksaan khusus Suara serak dan mengetahui pnyebab utama dan gejala secara menyeluruh untuk memastikan dalam keadaan tersebut.

Referensi

alodokter.com

halodoc.com

hellosehat.com

Referensi gambar:

sulselsatu.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>